Langsung ke konten utama

#Makalah Teori Organisasi Umum


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan makhluk lain (hewandantumbuhan).Manusia juga disebut sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain. Untuk itu dalam suatu kehidupan bermasyarakat ini ada yang disebut dengan organisasi. Organisasi merupakan entitas-entitas yang memungkinkan manusia atau masyarakat untuk mencapai hasil tertentu.
Sangat begitu erat hubungan antara manusia/masyarakat sebagai makhluk sosial dengan suatu organisasi.Maka itu, organisasi merupakan hal yang penting dan sangat diperlukan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah, penulis ingin memahami lebih jauh mengenai judul yang telah diambil melalui rumusan-rumusan berikut :
1.      Apa ciri-ciri organisasi ?
2.      Sebutkan unsure organisas imodern ?
3.      Sebutkan teori-teori yang menjelaskan tentang organisasi ?
4.      Berikan pendapat tentang organisasi yang baik!

1.3  Tujuan Penulisan
                  Tujuan dibuat makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui ciri-ciri dalam organisasi
2.      Untuk mengetahui unsur-unsur dalam organisasi modern
3.      Untuk mengetahui teori-teori yang mejelaskan tentang organisasi
4.      Untuk mengetahui organisasi yang baik


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Organisasi
            Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut dengan adanya suatu koordinasi, bekerjasama atas dasar pembagian kerja, peran, wewenang, tanggung jawab serta memiliki tujuan yang ingin dicapai.
            Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
            Organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi kelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
            Pengertian organisasi diatas tekandung beberapa maksud di dalamnya, yaitu :
      a)      Organisasi merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
      b)      Organisasi penting bagi kegiatan manajemen
      c)      Organisasi dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
      d)     Organisasi berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
            Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
Wadah, yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses, yaitu pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien.



BAB III
ANALISIS
3.1  Ciri-ciri Organisasi
Ada beberapa ciri-ciri dari organisasi, antara lain :
1.      Terdapat komponen ( atasan dan bawahan )
2.      Ada kerjasama
3.      Ada tujuan
4.      Ada sasaran
5.      Ada keterkaitan format dan tata tertib yang harus ditaati
6.      Ada pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

3.2  Unsur-unsur Organisasi
Organisasi memiliki unsur-unsur diantaranya :
1.      Proses kegiatan organisasi yang dilakukan oleh semua orang untuk mencapai tujuan (administrasi). Di dalam administrasi inilah adanya proses khusus yang disebut dengan manajemen.
2.      Personil atau anggota yang menggabungkan diri kedalam ikatan formal
3.      Visi, yaitu pandangan atau citra para anggot amengenai keadaan organisasinya dimasa depan dan tujuan, yaitu apa yang mau dicapainya yang sesuai dengan visinya
4.      Misi, atau tugas besar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada anggota untuk dilaksanakan
5.      Wewenang, yang merupakan legitimasi hak bertindak tiap orang dalam melaksanakan tugas
6.      Struktur, yang menunjukkan kedudukan tiap orang di dalam kelompoknya
7.      Hubungan, yang menjadi dasar antara anggota
8.      Formalitas, aturan tertulis yang mengatur semua unsur agar menjadi resmi, sehingga organisasi menjadi formal
9.      Sumber energy, yang mendukung gerak kelompok atau organisasi, sehingga organisasi selalu dinamis. Tak ada organisasi yang statis, kecuali bagan strukturnya yang ditempel di dinding kantor.

3.3  Teori Organisasi
1.      Teori Klasik ( TeoriTradisional )
Berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19).Secara umum di gambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a.       Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalambukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism”. Kata birokrasi mula-mula berasaldari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b.      Teori Administrasi
Teori ini di kembangkan atas dasar sumbangan Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
c.       Teori Manajemen Ilmiah
Dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor.
2.      Teori Neo klasik
Dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
3.      Teori Modern
Teori modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.

3.4     Organisasi yang baik
Organisasi yang baik memiliki 5 ciri utama, yaitu :
a.       Organisasi harus memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya.
b.      Organisasi harus memiliki identitas yang jelas keberadaannya dalam masyarakat.
c.       Organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen yang juga jelas pembagian tugasnya.
d.      Dalam setiap aktivitas organisasi harus mengacup ada manajemen yang sehat.
e.       Organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat


BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki satu tujuan yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut dengan adanya suatu koordinasi, dari sejumlah sub system yang saling berhubungan dan saling tergantung, bekerjasama atas dasar pembagian kerja, peran, wewenang, tanggung jawab serta memiliki tujuan yang ingin dicapai.

4.2  Referensi
Ratnakarina.blogspot.ca/2012/11/contoh-karya-tulis-organisasi.html?m=1
Agungzetiadji.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi.html?m=1





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECONDARY DATA ( DATA SEKUNDER )

Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan. Data sekunder dapat dipergunakan untuk hal-hal sebagai berikut: a.        Pemahaman Masalah Data sekunder dapat digunakan sebagai sarana pendukung untuk memahami masalah yang akan kita teliti. Sebagai contoh apabila kita akan melakukan penelitian dalam suatu perusahaan, perusahaan menyediakan company profile atau data administratif lainnya yang dapat kita gunakan sebagai pemicu untuk memahami persoalan yang muncul dalam perusahaan tersebut dan yang akan kita gunakan sebagai masalah penelitian. b.       Penjelasan Masalah Data sekunder bermanfaat sekali untuk memperjelas masalah dan menjadi lebih operasional dalam penelitian karena didasarkan pada data se

Unsur-unsur dari film "Laskar Pelangi"

Unsur Kebudayaan dalam film “LASKAR PELANGI”          1.   Unsur Lingkungan Tempat Tinggal       Lingkungan tempat tinggal pengarang mempengaruhi psikologi penulisan novel. Apalagi novel          “Laskar Pelangi” merupakan adaptasi dari cerita nyata yang dialami oleh pengarang langsung.             Letak tempat tinggal pengarang yang jauh berada di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong       Timur, Sumatera Selatan ternyata benar-benar dijadikannya latar tempat bagi penulisan novelnya 2. Unsur  Sosial dan Budaya       Pada novel ini banyak sekali unsur-unsur sosial dan budaya masyarakat yang bertempat tinggal di       Belitong. Adanya perbedaan status antara komunitas buruh tambang dan komunitas pengusaha           yang dibatasi oleh tembok tinggi merupakan latar belakang sosial. Dimana interaksi antara kedua       komunitas ini memang ada dan saling ketergantungan. Komunitas buruh tambang memerlukan           uang untuk melanjutkan kehidupan, sedang komunitas pengusaha

COMPIERE

BAB I Pendahuluan 1.1 LATAR BELAKANG Compiere dikembangkan mengunakan J2EE. Baik aplikasi maupun kode sumber (source code) tersedia bebas dengan lisensi Compiere Public License berdasarkan  Mozilla Public License . Compiere dapat dikustomisasi dan dikembangkan didalam aplikasinya dengan menambahkan modul software. Dokumentasi dan kontrak dukungan ( support contracts ) juga tersedia dengan imbalan. Semula dibuat untuk database propietari Oracle, tapi sejak versi 2.5.2, Compiere telah indepenen dan dirilis dengan portasi ke  multiple database  ports  seperti PostgreSQL, MySQL dan Sybase. Compiere juga jalan diatas database Firebird menggunakan ekstensi Fyracle tanpa perlu  porting . Compiere memiliki semua fungsionalitas sebuah ERP, tapi guna menghindari duplikasi terhadap indormasi dan kebutuhan akan sinkronisasi, maka ia disusun dengan cara yang berbeda. Modul-modul Compiere telah tersedia untuk:  Quote-to-Cash, Requisition-to-Pay, Customer relationship management, Partne