BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan makhluk lain (hewandantumbuhan).Manusia juga disebut sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain. Untuk itu dalam suatu kehidupan bermasyarakat ini ada yang disebut dengan organisasi. Organisasi merupakan entitas-entitas
yang memungkinkan manusia atau masyarakat untuk mencapai hasil tertentu.
Sangat begitu erat hubungan antara manusia/masyarakat sebagai makhluk
sosial dengan suatu organisasi.Maka itu, organisasi merupakan hal
yang penting dan sangat diperlukan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah, penulis ingin memahami lebih jauh mengenai judul yang telah diambil melalui rumusan-rumusan berikut :
1.
Apa ciri-ciri organisasi ?
2.
Sebutkan unsure organisas imodern
?
3.
Sebutkan teori-teori yang menjelaskan tentang organisasi ?
4.
Berikan pendapat tentang organisasi
yang baik!
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dibuat makalah ini adalah :
1.
Untuk mengetahui ciri-ciri dalam organisasi
2.
Untuk mengetahui unsur-unsur dalam organisasi modern
3.
Untuk mengetahui teori-teori yang mejelaskan tentang organisasi
4.
Untuk mengetahui organisasi yang baik
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut dengan adanya suatu koordinasi,
bekerjasama atas dasar pembagian kerja,
peran, wewenang, tanggung jawab serta memiliki tujuan
yang ingin dicapai.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya,
sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi kelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
Pengertian organisasi diatas tekandung beberapa maksud di dalamnya, yaitu :
a)
Organisasi merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja
yang setepat-tepatnya
b)
Organisasi penting bagi kegiatan manajemen
c)
Organisasi dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu
yang tersedia
d)
Organisasi berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
Wadah, yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses, yaitu pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien.
BAB III
ANALISIS
3.1 Ciri-ciri Organisasi
Ada beberapa ciri-ciri dari organisasi, antara lain :
1.
Terdapat komponen ( atasan dan bawahan )
2.
Ada
kerjasama
3.
Ada
tujuan
4.
Ada
sasaran
5.
Ada
keterkaitan format dan tata tertib yang harus ditaati
6.
Ada
pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
3.2 Unsur-unsur Organisasi
Organisasi memiliki unsur-unsur diantaranya :
1.
Proses
kegiatan organisasi yang
dilakukan oleh semua orang untuk mencapai tujuan (administrasi). Di dalam administrasi inilah adanya proses khusus yang disebut dengan manajemen.
2.
Personil atau anggota yang menggabungkan diri kedalam ikatan formal
3.
Visi, yaitu pandangan atau citra para anggot amengenai keadaan organisasinya dimasa depan dan tujuan, yaitu apa yang mau dicapainya yang sesuai dengan visinya
4.
Misi,
atau tugas besar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada anggota untuk dilaksanakan
5.
Wewenang,
yang merupakan legitimasi hak bertindak tiap
orang dalam melaksanakan tugas
6.
Struktur,
yang menunjukkan kedudukan tiap orang di dalam kelompoknya
7.
Hubungan,
yang menjadi dasar antara anggota
8.
Formalitas,
aturan tertulis yang mengatur semua unsur agar menjadi resmi, sehingga organisasi menjadi
formal
9.
Sumber
energy, yang mendukung gerak kelompok atau organisasi,
sehingga organisasi selalu dinamis. Tak ada organisasi
yang statis, kecuali bagan strukturnya yang ditempel di dinding kantor.
3.3 Teori Organisasi
1.
Teori Klasik ( TeoriTradisional )
Berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19).Secara umum di gambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik
structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a.
Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh
Max Weber dalambukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism”. Kata birokrasi mula-mula berasaldari
kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b.
Teori Administrasi
Teori ini di kembangkan atas dasar sumbangan
Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
c.
Teori Manajemen Ilmiah
Dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor.
2.
Teori Neo klasik
Dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
3.
Teori
Modern
Teori
modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.
3.4 Organisasi
yang baik
Organisasi
yang baik memiliki 5 ciri utama, yaitu :
a.
Organisasi harus memiliki anggota
yang jelas identitas dan kuantitasnya.
b.
Organisasi harus memiliki identitas
yang jelas keberadaannya dalam masyarakat.
c.
Organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen
yang juga jelas pembagian tugasnya.
d.
Dalam setiap aktivitas organisasi harus mengacup ada manajemen yang sehat.
e.
Organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki satu tujuan yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut dengan adanya suatu koordinasi,
dari sejumlah sub system yang saling berhubungan dan saling tergantung, bekerjasama atas dasar pembagian kerja, peran, wewenang, tanggung jawab serta memiliki tujuan yang ingin dicapai.
4.2 Referensi
Ratnakarina.blogspot.ca/2012/11/contoh-karya-tulis-organisasi.html?m=1
Agungzetiadji.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi.html?m=1
Komentar
Posting Komentar