BAB I
Pendahuluan
1.1 LATAR BELAKANG
Compiere
dikembangkan mengunakan J2EE. Baik aplikasi maupun kode sumber (source code)
tersedia bebas dengan lisensi Compiere Public License berdasarkan Mozilla
Public License. Compiere dapat dikustomisasi dan dikembangkan didalam
aplikasinya dengan menambahkan modul software. Dokumentasi dan kontrak dukungan
(support contracts) juga tersedia dengan imbalan.
Semula
dibuat untuk database propietari Oracle, tapi sejak versi 2.5.2, Compiere telah
indepenen dan dirilis dengan portasi ke multiple database ports seperti
PostgreSQL, MySQL dan Sybase. Compiere juga jalan diatas database Firebird
menggunakan ekstensi Fyracle tanpa perlu porting.
Compiere memiliki semua fungsionalitas sebuah ERP, tapi guna menghindari duplikasi terhadap indormasi dan kebutuhan akan sinkronisasi, maka ia disusun dengan cara yang berbeda. Modul-modul Compiere telah tersedia untuk: Quote-to-Cash, Requisition-to-Pay, Customer relationship management, Partner Relations Management, Supply Chain Management, Performance Analysis, dan Web Store. Modul bidang manufacturing kini ini sedang dikembangkan dalam sebuah proyek sumber terbuka independen: CMPCS atau Kompiere Libero Manufacturing.
Compiere memiliki semua fungsionalitas sebuah ERP, tapi guna menghindari duplikasi terhadap indormasi dan kebutuhan akan sinkronisasi, maka ia disusun dengan cara yang berbeda. Modul-modul Compiere telah tersedia untuk: Quote-to-Cash, Requisition-to-Pay, Customer relationship management, Partner Relations Management, Supply Chain Management, Performance Analysis, dan Web Store. Modul bidang manufacturing kini ini sedang dikembangkan dalam sebuah proyek sumber terbuka independen: CMPCS atau Kompiere Libero Manufacturing.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah antara lain :
1.
Apa
yang dimaksud dengan Compiere ?
2. Berikan penjelasan tentang Cakupan
Fungsional Compiere !
3.
Berikan
modul yang tersedia pada Compiere ?
4. Berikan
aspek teknologi Compiere ?
5.
Berikan
petunjuk langkah-langkah untuk menginstalasi Compiere ?
6.
Sebutkan
kelebihan Compiere ?
7.
Sebutkan
menu – menu pada Compiere ?
8.
Apa
yang dimaksud dengan CRM ?
9.
Bagaimana
cara memulai Compiere ?
10.
Sebutkan
macam – macam toolbar yang ada pada Compiere ?
11.
Jelaskan
active workflows !
12.
Jelaskan
versi compiere !
13.
Apakah
setup business partner ?
1.3 TUJUAN
PENELITIAN
Adapun tujuan dibuat makalah ini
adalah :
1.3.1 Agar dapat mengetahui pengertian Compiere
1.3.2 Agar dapat mengetahui cakupan fungsional Compiere
1.3.3 Agar dapat mengetahui modul yang tersedia pada Compiere
1.3.4 Agar dapat mengetahui aspek teknologi pada Compiere
1.3.5 Agar dapat mengetahui langkah-langkah untuk menginstall Compiere
1.3.6
Agar
dapat mengetahui kelebihan Compiere
1.3.7 Dapat mengetahui menu – menu pada Compiere
1.3.8 Dapat mengetahui tentang CRM
1.3.9 Dapat mengetahui cara memulai Compiere
1.3.10 Dapat mengetahui macam – macam toolbar yang ada pada Compiere
1.3.11 Dapat mengetahui tentang active workflows
1.3.12 Dapat mengetahui tentang versi compiere
1.3.13 Dapat mengetahui setup business partner
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian
Compiere
Compiere adalah sebuah software ERP
(singkatan dari Enterprise Resource Planning), dan merupakan sebuah software
ERP berbasis open source pertama kali dan merupakan salah satu software ERP
yang paling popular saat ini. Sampai dengan awal tahun 2008 sudah lebih dari
1.300.000 kali di download dari website http://www.sourceforge.net, Compiere
yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai
platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.
Solusi Compiere merupakan salah satu aplikasi bisnis
yang siap dipakai di lingkungan Linux. Compiere dapat diperoleh di www.compiere.com
secara gratis.
Compiere
dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing,
Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai
pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi
language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group
of companies, yang lazim di Indonesia.
Kemampuan
Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang serta di kustomisasi
menjadikannya ERP salah satu produk yang unik di pasaran. Infrastruktur
di dalam Compiere memungkinkan pengembangan aplikasi di atas tanpa harus
membutuhkan seorang yang ahli dalam pemrograman Java sekalipun. Ini juga positioning yang
baru bagi pasar aplikasi integrasi.
Hal lain yang menarik yang terdapat di
Compiere adalah kita dapat merubah business process dan
menyesuaikannya dengan kebutuhan organisasi. Dengan demikian aplikasi lebih
mudah diterima pengguna dan tidak menyulitkan dalam implementasi.
Dalam hal reporting juga sangat
fleksible. Compiere menyediakan berbagai pilihan untuk mendesain report dengan
sangat mudah, tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam. Anda dapat
menentukan jenis data apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah report.
Dengan beberapa karakteristik diatas, Compiere juga
dianggap sebagai sebuah framework pengembangan, artinya kita dapat membuang
semua kemampuan ERPnya, lalu kita mengembangkan module dari nol, dengan hanya
mengadopsi arsitektur keamanan modulenya. Solusi ini sebenarnya cara paling
mudah bagi mereka yang ingin mengembangkan aplikasi desktop atau web, tetapi
tak memilikiresource yang cukup misalnya keterbatasan pada tim
pengembangan Java. Posisi Compiere sebenarnya dapat disetarakan dengan produk
Netbeans yang dikembangkan oleh Sun maupun Eclipse RCP yang diinisialisasi oleh
IBM.
Dan satu hal lagi, Compiere juga jalan
di semua sistem operasi terkenal diantaranya Solaris, Linux, Unix, AIX, AS/400
dan tentu saja Windows.
2.1.2 PENGERTIAN ERP (Enterprise Resource Planning)
ERP(Enterprise
Resource Planning) atau Perencanaan sumber daya Perusahaan adalah suatu sistem
perusahaan yang bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan
mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu
perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi,
keuangan, dan fungsi sumber daya manusia. Perangkat lunak ERP adalah suatu
kelompok modul perangkat lunak yang mendukung aktivitas bisnis yang terlibat
dalam proses/kegiatan perkantoran (back-office) yang penting.
ERP
dikenal sebagai suatu hal yang diperlukan untuk efisiensi,
ketangkasan/kematangan, dan kemampuan bereaksi secara cepat kepada pelanggan
dan penyalur, yang pada umumnya dibutuhkan oleh suatu perusahaan e-business
agar berhasil dalam dunia e-commerce yang dinamis.
Penyebab
kegagalan ERP:
•
Kurangnya komitmen top management,
•
Kurangnya komunikasi,
•
Kurangnya sunber daya (manusia, model),
•
Kesalahan perhitungan waktu implementasi,
• Tidak
cocoknya software dengan business proses, dan
•
Cacatnya project design dan management.
Software-software
pendukung ERP: Oracle, BAAN, JDE, SAP, dan Compiere.
Modul-modul
ERP:
>
General Logistik,
>
Sales dan distribution,
>
Material management,
>
Logistik execution,
>
Quality management,
>
Plant maintenance,
>
Customer Service,
>
Production planning dan control,
>
Project System, dan
>
Environment management.
Modul-modul
Finansial dan Akuntig:General Accounting, Financial Accounting, dan Controling.
Modul-modul
SDM:Personel management, Personel Time management, dan Payroll.
2.2. Cakupan
Fungsional Compiere
Compiere belum memiliki Material Requirement
Scheduling secara penuh, seperti halnya untuk kebutuhan shop floor atau
production scheduling. Akan tetapi anda dapat melakukan kalkulasi kebutuhan
kasar (gross demand) dan melakukan forecast sebagai resource scheduling secara
sangat sederhana. Tidak ada fungsi payrol secara komplit (seperti kalkulasi net
income, potongan, dan tambahan). Tapi akan ada interface untuk fungsi fungsi
tersebut.
Berikut adalah beberapa fungsional yang terdapat pada Compiere ERP&CRM:
· fully integrated ERP and CRM solutions
· both front-office (POS, Web Store) and back-office functionality
· inventory management
· automated accounting
· professional services solution
· managed distribution networks
· streamlined order processing
Berikut adalah beberapa fungsional yang terdapat pada Compiere ERP&CRM:
· fully integrated ERP and CRM solutions
· both front-office (POS, Web Store) and back-office functionality
· inventory management
· automated accounting
· professional services solution
· managed distribution networks
· streamlined order processing
Tampilan
Halaman Utama Compiere
2.3.
MODUL
YANG TERSEDIA
·
Quote to cash
Adalah
modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan
pembayaran. Dapat pula membuat invoice dan menerima pembayaran dari pelanggan.
·
Requisition to pay
Bagian
ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang,
serta mengatur pembayaran ke pemasok.
·
Product Category
·
Supply chain management
Adalah
modul untuk mengendalikan stok barang sehingga kondisi stok yang tersedia dapat
selalu dipantau. Selain itu juga memonitor status barang-barang yang dibeli
dari pemasok maupun yang akan dikirim ke pelanggan.
·
Customer Relationship management
Berfungsi
untuk mengelola data pelanggan dan partner bisnis. Selain itu juga dapat
mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan,
surat menyurat, pengiriman brosur,dan lain-lain
·
Performance analisis
Modul
ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang
terjadi di perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Pada
modul ini dapat dilihat posisi keuangan dan laba rugi perusahaan.
2.4. ASPEK TEKNOLOGI COMPIERE
Arsitektur
teknologi Compiere terdiri dari 3 layer:
a. Server
database
Menggunakan database
Oracle versi 9, sehingga secara legal tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun
Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat ini tim pengembang Compiere sedang
menuju database independence
b. Application
server
Teknologi yang
digunakan adalah Jboss yang bersifat open source dan gratis. Jboss merupakan
application server terkemuka untuk mendukung platform Java Enterprise (J2EE)
c. Client
Disisi klien terdapat 2
pilihan, Yaitu :
- Java client yang
menggunakan antar muka Windows
- HTML client yang menggunakan
browser.
2.5. PROSES INSTALASI COMPIERE
Proses
instalasi meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Menginstall database
2.
Menginstall JDK
3.
Mengunduh dan mengekstrak Compiere
4.
Persiapan instalasi Server
5.
Pengaturan Database (import dan setup databae Oracle untuk Compiere)
6.
Memulai Server
7.
Mensetup klien
8.
Memulai klien (nama user dan password)
2.6. KELEBIHAN COMPIERE
Ø Implementasi
ERP yang cepat dan fleksibel
Tanpa
koding procedural atau keahlian dari perintah SQL, Arsitektur Model-Driven
Compiere memungkinkan kustomisasi aplikasi dengan cepat seperti:
a. Menambahkan
sebuah kolom baru ke sebuah tabel
b. Menambahkan
aturan validasi pilihan (kumpulan nilai, cakupan nilai, dsb),
c. Merancang
ulang sebuah window aplikasi untuk menampilkan kolom baru
d. Memasukkan data kedalam kolom baru melalui window
aplikasi
e. Membuat
laporan yang menyertakan kolom baru atau menggunakan kolom baru sebagai
parameter queri
Ø Perangkat
lunak ERP open source komersil
a. Perangkat
lunak ERP Compiere tersedia dengan gratis untuk setiap orang yang ingin mendownload,
Hal ini memberikan keleluasaan dari penguncian oleh vendor
b. Compiere
memasangkan keuntungan open source dengan pelatihan professional dan pelayanan.
Ø Arsitektur
Model-Driven yang memudahkan dalam pengontrolan
a. Rapid
customization of applications to specific business needs
b. Greater
stability because windows and reports are generated from rules stored in an
active Application Dictionary rather than programmed using 3GL code
c. Higher
productivity for developers and users alike
d. Affordable
customization of applications at any time without specialized programming staff
e. Preservation
of customizations when upgradin
Ø Aplikasi
ERP yang dirancang untuk Ekonomi Global
a. Fitur
multi-currency, multi-tax, multicosting, multi-accounting dan
multifungsionalitas organisasi.
b. Solusi
akuntasi yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan, tidak
bergantung pada mata uang atau skema akuntasi yang digunakan
2.7. MENU – MENU PADA COMPIERE
Ø Aplication
directory
Ø General
rules
Merupakan
menu yang menampilkan peraturan umum dalam penggunaan dari system yang ada
sehingga akan memudahkan user dalam mengetahui batasan – batasan dalam system
yang ada dalam perusahaan
Ø Quote
to invoice
Adalah
modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan,
serta melakukan penagihan pembayaran.
Ø Requisition
to invoice
Bagian
ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang,
serta mengatur pembayaran ke pemasok.
Ø Open
item
Ø Material
management
Ialah
menu untuk membuat customer shipment
dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase
Order atau Vendor Invoice. Dan fitur yang berisi mengenai management produk di
dalam perusahaan. Baik dari segi produk bersangkutan sampai penambahan dari
segi pembelian ( Purchase Order ) hingga pengurangan produk dari segi Penjualan
( Sales Order ataupun Invoice ).
Ø Partner
relations
Ialah
menu yang yang menghubungkan beberapa
client dimana masing – masing client melakukan distribusi management dan
request data
Ø Project
management
Project
Management merupakan menu yang
memungkinkan sistem melakukan analisis dan perencanaan kegiatan atau
pembangunan dengan kontrol yang efektif secara akuntansi. Tahapan-tahapan dari kegiatan proyek
terkontrol sehingga manajemen mendapatkan laporan keberhasilan dan
perkembangannya di setiap lini-lini proses. Dengan kombinasi modul-modul yang
lain, perusahaan akan mendapatkan sistem informasi yang lengkap untuk
mengendalikan keseluruhan kegiatan perusahaan.
Ø Performance
analysis
Performance
analysis menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu
aplikasi, dalam sistem traditional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan
Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
Bagian ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang
terjadi di perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Anda dapat
melihat posisi keuangan dan laba rugi perusahaan.
Ø Service
Menu-menu
yang menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan. Baik itu complaint
maupun services atas produk.
Ø Assets
Ialah
menu yang berisi table isian asset yang akan dicatat ke dalam system. Yang
termasuk dalam assets adalah daftar fasilitas pendukung kegiatan operational
perusahaan, asset bukan hanya sekedar menyusun daftar asset tetapi aspek yang
menyangkut evaluasi dan penilaian asset, perubahan, perpindahan, dokumen legal
yang tersebar serta struktur asset yang dibentuk membuat sistem bisa mengontrol
asset dengan cepat menangani perubahan
2.8. PENGERTIAN CRM (Customer Relationship Management)
Customer Relationship Management atau lebih dikenal
sebagai CRM merupakan sebuah fungsi terintegrasi yang menunjang sebuah
perusahaan dalam bidang pemasaran, penjualan, dan pelayanan, yang dapat
meningkatkan nilai kepuasan pelanggan. Dengan meningkatnya nilai kepuasan
pelanggan maka angka penjualan perusahaan akan mengalami peningkatan.
CRM mengatur hubungan
antara perusahaan dengan
para pelanggan sehingga keduanya
mendapatkan nilai maksimum dari hubungan tersebut. CRM merupakan strategi
yang baik untuk
tetap dapat menjalin
hubungan dengan pelanggan yang
sudah ada sebelumnya, karena dapat menekan pengeluaran yang berlebih dan tidak
dibutuhkan, serta dapat menarik pelanggan yang baru. Oleh sebab itu, usaha
untuk memahami dan mengerti kebutuhan-kebutuhan para pelanggan sangat
dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan meningkatkan nilai loyalitas
pelanggan terhadap perusahaan (McLeod,2007,p194).
Proses-proses yang terjadi didalam CRM meliputi
sebuah proses pencarian cara untuk menambahkan nilai suatu hubungan dengan
pelanggan. Semua itu tidak hanya mencakup mengenai cara berkomunikasi, semua
itu mengenai apa yang harus dilakukan
untuk memelihara sebuah
hubungan dan menunjukkan
kepedulian perusahaan terhadap pelanggan.
Compiere memberikan pelayanan untuk distribusi dan
marketing Exspense yang bersifat pelayanan terpusat dan berbasiskan kepada
server. Dalam hal ini untuk sotware compiere yang digunakan hanya berbasiskan
pada aplikasi database dan tidak terkoneksi dengan Server. Pembahasan ini hanya
menjelaskan mengenai Business Partner, Sales Orders (pesanan penjualan) dari
perangkat lunak Compiere yang terdapat pada menu Quote-to-Invoice dan Product
Info.
2.9. MEMULAI COMPIERE
Pertama akan muncul kotak dialog Compiere Login.
Pada tampilan Login jika Host Informasi berwarna putih, maka terkoneksi dengan
aplikasi server. Jika sisi kiri berwarna agak merah ,maka terkoneksi dengan
database tidak dengan aplikasi server.
Compiere
memiliki beberapa macam Login yaitu :
a. System
dan password “System” digunakan untuk System Administrator yang tidak dapat
mengakses data aplikasi.
b. SuperUser
dan password “System” digunakan untuk semua jenis pemakai yang mempunyai semua
akses baik itu sistem administrator atau aplikasi data.
c. GardenAdmin
dan password “GardenAdmin” digunakan untuk GardenWorldAdmin misalnya Klien
administrator.
d. GardenUser
dan password “GardenUser” digunakan untuk GardenWorldUser misalnya User.
e. Login
sebagai “SuperUser” (case sensitive) dengan password “System” yang merupakan
default login yang diberikan oleh Compiere. Untuk login selanjutnya tidak perlu
melakukan pengisian sepeti awal sebab sistem akan menyimpan input dan pilihan
yang telah dilakukan sebelumnya. Kemudian konfirmasikan untuk masuk ke
Compiere.
Setelah masuk Compiere akan tampil window utama yang
berisikan menu-menu. Di dalam Compiere terdapat beberapa menu, yaitu adalah
Application Dictionary, General Rules, Quote-to-Invoice,
Requisition-to-Invoice, Open Items, Material Management, Partner Relations,
Project Management, Performance Analysis, Service, dan Assets.
Partner Relation Management, partner management yang
menghubungkan beberapa client dimana masing – masing client melakukan
distribusi management dan request data. Material Management, membuat customer
shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan
Purchase Order atau Vendor Invoice. Performance Analysis, menjelaskan tentang
Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam sistem traditional
kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan
pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
Untuk memudahkan mengakses suatu menu dapat dibuat
shortcut di bar sebelah kiri window yaitu dengan klik kanan pada menu yang
ingin dimasukkan ke dalam bar dan klik “Add to Bar”, seperti yang ada pada
gambar dibuat beberapa shortcut yaitu Sales Order, Product, dan Business
Partner.
Langkah
– langkah memulai compiere:
1. Login
ke dalam Compiere, maka menu compiere akan tampil.
2. Lakukan
pencarian untuk Window yang diinginkan dengan mengetikan kata menu yang
diinginkan Misalkan “Business Partner”. Compiere langsung menuju ke menu yang
dicari sesuai dengan kata yang dimasukkan.
3. Tekan
enter untuk menuju ke menu window yang dituju sesuai dengan kriteria
pencarian.Pencarian tidak Case sensitive dan dapat menggunakan “%” sebagai
wildcard atau “_” sebagai placeholder.
4. Setelah
menemukan window yang diinginkan kemudian double-click pada menu item atau
dengan Ctrl + Enter.
5. Pindahkan
kedalam Shortcut bar dengan klik kanan pada mouse dan pilih “Add to Bar”. Menu
item sekarang berada dalam shortcut bar.
6. Hapus
atau pindahkan item dari Shortcut Bar dengan klik kanan dan pilih Remove From
Bar. Menu item sekarang tidak ada di shortcut bar. Setiap shortcut yang dibuat
tergantung dari penggunaan yang dinginkan oleh user.
7. Maka
akan tampil window dari business partner.
2.10. TOOLBAR COMPIERE
Compiere memiliki Toolbar yang selalu terdapat dalam
window dimana window yang kita tampilkan, icon pada toolbar dalam compiere
mendukung pembuatan record dan pengambilan data yang kita inginkan. Berikut ini
Toolbar yang terdapat dalam Compiere:
1. Ignore
: tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
2. Help
: untuk menampilkan window help.
3. New
Record : membuat atau memulai record baru.
4. Delete
: Menghapus data yang sudah di input.
5. Save
: menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
6. Refresh
: Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalam
window.
7. Find
: mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan
lainnya.
8. Attachment
: digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melalui
web.
9. Data
Grid : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
10. History
: tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere
dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal.
11. Menu
: digunakan untuk balik ke window menu utama.
12. Parent
Record : menampilkan data hanya berupa judul.
13. Detail
Record : menampilkan record atau data secara detail.
14. First
Record : menampilkan record yang ada di baris atasnya beserta dengan
keterangan.
15. Last
Record : menampilkan record hanya pada baris bawahnya atau sebelum.
16. Next
record : menuju kedalam record selanjutnya dalam suatu report.
17. Last
record : menuju kedalam record sebelumnya dalam suatu report.
18. Report
: menampilkan report yang sudah terdapat data input.
19. Arcive
document & Report : mengambil data berupa dokumen dan Report.
20. Print
: icon yang digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk hasil cetakkan
kertas.
21. Zoom
Across : menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
2.11. ACTIVE WORKFLOWS
Setiap toolbar itu memiliki fungsinya masing –
masing sesuai dengan kebutuhan bagi pemakai software . Kita akan mencoba
pemakaian tombol data grid sebagai satu dari banyak icon toolbar.
Langkah
– langkah pemakai icon data grid :
a. Pilih
tombol Data/Grid untuk memilih dan menampilkan dari single record atau multi
record.
b. Pilih
record yang akan diedit .
c. Klik
kembali Toolbar Data/Grid untuk kembali ke tampilan record dengan satu data.
2.12. VERSI – VERSI COMPIERE
>
Standar Edition,
>
Professional Edition, dan
>
Community.
2.13. SETUP BUSINESS PARTNER
Workflow
Setup Business Partner:
Langkah
langkah Setup Business Partner adalah sebagai berikut:
1.
Membuat Business Partner Group
- Common Accounting
- For Reporting Purposes
2.
Setup Greeting
- Untuk Business Partner & Contact
3.
Menentukan Payment Term
- Untuk Sales Order dan Purchase
Order
4.
Menentukan Invoice Schedule
- Summary Invoices for Shipments
- Locations
- Ship – Invoice
- Pay From – Remit To
5.
Menentukan Withholding,
- Quality, Tax (1099)
6.
Menentukan Dunning
7.
Menentukan Re9nue Recognition
8.
Import Business Partner
9.
Membuat / Update Business Partner
2.14. SALES ORDER
Untuk membuka window Sales Order anda dapat menekan
Ctrl-Enter di area yang berwarna kuning pada search area, melakuan klik dua
kali (double-click) pada deretan menu di sebelah kanan atau meng klik pada
shortcut di lajur sebelah kiri.Tampilan layaran Sales Order akan muncul dengan
nilai default/preference yang anda tentukan, untuk Organisasi (HQ) anda, untuk
client (GardenWorld) atau system anda.
Untuk mengeset preferences pilihlah field yang anda
inginkan kemudian tekan klik kanan (sebagai contoh: field “Target Document
Type” akan dirubah ke “POS Order”) dan pilih Value Preference.
Pilihlah scope (untuk semua/specific Organizations,
Users, Window) dan tekan OK. Maka nilai default anda yang baru pada layar Order
Entry adalah POS Order.
Seperti halnya Purchase Order, di Compiere Sales
Order adalah opsional, artinya bisa digunakan ataupun tidak, karena Anda masih
bisa membuat suatu Invoice dari Shipment yang Anda kirim (tanpa harus membuat
Sales Order).Anda dapat membuat suatu Quote, merubah atau mengcopykan ke suatu
Sales Order dan kemudian akan menghasilkan Customer Shipment (Shipment
Pelanggan) Atau Invoice darinya tanpa memasukkan semua informasi lagi.
Compiere mengijinkan Anda untuk menangani situasi
pembayaran berbeda. Anda dapat berpindah antara aturan aturan pembayaran yang
berikut:
Ø On
Credit (Dengan kredit) - Pembayaran dimasukkan sebagai suatu Open Item (Item
Terbuka)
Ø Cash
(Tunai) - Masukan dihasilkan pada Cashbook anda
Ø Credir
Card (Kartu Kredit)
Ø Chek
Atau ACH - Proses Pembayaran Sales Order melalui dokumen kontrol untuk shipment
Dan Invoice, dan Receipt secara opsional. Keadaan sesungguhnya ditentukanoleh
Jenis Dokumen Target dan Jenis Dokumen yang dipakai.
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Compiere adalah salah satu piranti lunak Enterprise
Resource Planning (ERP) berbasiskan Open Source yang dapat diimplementasikan
pada perusahaan, terutama perusahaan distribusi. Compiere dilengkapi dengan
beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account
Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung
dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere
sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang
lazim di Indonesia.
Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk
dibongkar-pasang serta di kustomisasi menjadikannya ERP salah satu produk yang
unik di pasaran. Infrastruktur di dalam Compiere memungkinkan pengembangan
aplikasi di atas tanpa harus membutuhkan seorang yang ahli dalam pemrograman
Java sekalipun. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi.
Hal lain yang menarik yang terdapat di Compiere
adalah kita dapat merubah business process dan menyesuaikannya dengan kebutuhan
organisasi. Dengan demikian aplikasi lebih mudah diterima pengguna dan tidak
menyulitkan dalam implementasi. Dalam hal reporting juga sangat fleksible.
Compiere menyediakan berbagai pilihan untuk mendesain report dengan sangat
mudah, tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam. Anda dapat menentukan jenis
data apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah report.
Dengan beberapa karakteristik diatas, Compiere juga
dianggap sebagai sebuah framework pengembangan, artinya kita dapat membuang
semua kemampuan ERPnya, lalu kita mengembangkan module dari nol, dengan hanya
mengadopsi arsitektur keamanan modulenya.
Solusi ini sebenarnya cara paling mudah bagi mereka
yang ingin mengembangkan aplikasi desktop atau web, tetapi tak memiliki
resource yang cukup misalnya keterbatasan pada tim pengembangan Java. Posisi
Compiere sebenarnya dapat disetarakan dengan produk Netbeans yang dikembangkan
oleh Sun maupun Eclipse RCP yang diinisialisasi oleh IBM. Dan satu hal lagi,
Compiere juga jalan di semua sistem operasi terkenal diantaranya Solaris,
Linux, Unix, AIX, AS/400 dan tentu saja Windows.
Komentar
Posting Komentar